Posted by: poche | April 27, 2008

Ubuntu Hardy Heron 8.04 LTS

setelah melakukan proses download ISO ubuntu hardy heron beberapa hari yang lalu, hari ini gutsy gibbons di rumah baru saja rampung terupdate menjadi 8.04. Ada beberapa kendala saat update, salah satunya beberapa package di dalam ISO Alternate yang saya download corrupt, sehingga harus memutar otak bagaimana mengakalinya. Setelah bertapa 2 hari, akhirnya menemukan suatu cara yang bagi saya ampuh (walaupun agak repot) dan lumayan untuk menambah pengalaman dalam penggunaan ubuntu.

Pertama tama, rubah /etc/apt/sources.list, hilangkan semua repository yang On-Line dan gunakan hanya yang dari CD saja. (memasukkan CD kedalam daftar repository dapat dilakukan melalui Synaptic Package Manager) Kemudian, buka terminal, ketik “sudo apt-get dist-upgrade” kemudian tunggu hingga proses selesai, lalu restart. kemudian, download secara terpisah package yang corrupt dalam repository tersebut (biasanya dicantumkan pada terminal, bisa di search di google. Disarankan gunakan query yang persis sama dengan package yang diperlukan agar proses pencarian lebih cepat). kemudian, install package-package yang baru saja di download dengan perintah “sudo dpkg -i nama_package.deb” atau dengan cara men-double klick package tersebut.

Jika ISO alternate anda tidak memiliki masalah package corrupt seharusnya update berjalan dengan mulus dan dimulai ketika anda memasukkan CD Alternate kedalam CDROM, (muncul window yang menanyakan apakah anda mau mengupgrade distro anda..)

Berhubung yang saya lakukan adalah update, maka tidak banyak konfigurasi yang berubah, kecuali /boot/grub/menu.lst, samba.conf (lupa letaknya dimana), dan beberapa yang lainnya.

Namun, di distro ini saya masih bermasalah dengan package nvidia-glx-new yang dulu saya pakai di gutsy sebagai driver VGA Nvidia 7300GT saya. namun sekarang, ketika saya menginstall package tersebut, resolusi turun menjadi 800×600. Kemudian, di disto ini saya juga bermasalah dengan compiz-fusion serta emerald nya. entah mengapa harus menambahkan perintah tambahan untuk memulai compiz, kemudian baru emerald dapat di mulai juga.

Pertanyaan dan Tanggapan serta Kritik maupun Saran (saya sengaja menulis kalimat ini secara tidak efektif) silahkan lampirkan di komentar.

Regards

PocHe


Leave a Reply

Categories

