Posted by: poche | April 4, 2008

Defaced!!!

Huh??What?!?! Defaced?!?!
Weits…Bukan web koq yang kena defaced, tapi tampilan desktop ubuntu gw (selanjutnya disebut “jitensha”) yang baru selesai gw permak menjadi lebih indah dipandang oleh mata gw…

***
Apa??Pengen Skrinsut???…OK..sabar, nih skrinsutnya…

Skrinsut

Silahkan di Klik Untuk memperbesar
***

Nah, sekarang gw bakalan terangin komponen desktop nya satu persatu dan bagaimana cara mendapatkannya.
1. Wallpaper
Ini hal yang tidak terlalu susah untuk diperoleh. Silahkan gunakan search engine google untuk mencari. Wallpaper yang sedang gw pakai merupakan salah satu dari ribuan koleksi Suzumiya Haruhi no Yuutsu yang ada di Internet maupun di Komputer orang lain.

2. Tema
Tema yang dipakai disini merupakan tema dari gnome-look.org. Nah berhubung ketika gw download file yang bersangkutan, shell scriptnya gak jalan. sehingga harus dilakukan penginstalan manual. gak susah koq..hanya dibutuhkan beberapa kemampuan ekstra-sok-tahu dan nekat, setelah itu buka shell scriptnya, nah lakukan perintah yang ada di shell script itu lewat terminal. Dengan sedikit tambahan untuk lokasi directory tentunya. Oia, sebelum melakukan kegiatan copy-paste-yang-dinekatkan tadi disarankan menginstal emerald untuk window decorator engine terlebih dahulu. Sebab ada file yang nantinya akan di copy ke folder .emerald. jangan lupa setelah menginstal emerald tekan ALT+F2 lalu ketik emerald –replace. kemudian pergi ke Main Menu -> Sistem -> Pengaturan -> Sesi lalu masukkan command tadi untuk di load ketika startup. Tema ini juga sudah memiliki icon set dan cursor set. tinggal mengikuti HOW TO dan sedikit kenekatan saja.

3. Window
Setelah engine emerald terinstal pada komputer, tema yang satu ini dapat di temukan di sini

4. Screenlets
Nah, kalo yang satu ini baru saja saya selesai install dan configure. jadi pertama2 copy paste command ini ke terminal (tanpa tanda kutip) “echo “deb http://ppa.launchpad.net/gilir/ubuntu gutsy main universe #Gilir’s screenlets packages and some stuff you shouldn’t use” | sudo tee -a /etc/apt/sources.list” lalu kemudian ketik “sudo apt-get update” dan kemudian “sudo apt-get install screenlets“. Selanjutnya, yang butuh di install adalah lm-sensors. Untuk menginstal lm-sensors dapat dilakukan dengan cara “sudo apt-get install lm-sensors“. cara setting sensor secara detail dapat dibaca di sini.
Screenlets yang saya pakai semua diperoleh dari gnome-look.org Termasuk Jam yang sangat unik itu…

5. Avant Windows Navigator
Sebenarnya, ini merupakan pengganti dari lower bar yang ada secara default di ubuntu. Untuk ini, saya menemukan HOW TO yang bagus di suatu thread di blog lain. *click me please*

PS: Sebelumnya, tutorial ini (jika ada dari anda yang menganggap ini tutorial) hanya berlaku untuk Ubuntu Gutsy 7.10. Kemudian pastikan anda telah membaca panduan dasar ubuntu dan bagaimana menambah repository (dan tentunya, repositorinya sudah tertambahkan…minimal dengan repo kambing) di sini Dan anda merasa sistem anda mendukung secara memory dan processor.

OK, sekian dari saya. Mohon maaf jika ada sesuatu yang berkenan di hati anda. Jika ada saran, kritik atau pertanyaan silahkan saja tulis di comment atau e-mail ke faris.slmn@gmail.com. Insya Allah saya akan membantu jika saya mampu.

Thx..Keep read..Cheers


Responses

  1. […] Untuk window border, saya menggunakan koremin yang di dapat dari sini. Untuk dapat menggunakan itu, anda harus memiliki compiz-fusion dan emerald terinstall (baca postingan saya sebelumnya *clicky*) […]


Leave a Reply

Categories

