Posted by: poche | March 1, 2008

GRASS and QGIS

semester ini sudah mulai belajar menggunakan komputer dan GIS. ketika pertemuan pertama hari rabu kemarin, kami diperkenalkan dengan software ERDAS Imaging dan Arc View sebagai fasilitas pengolahan data penginderaan jauh. Tidak butuh waktu lama untuk berpikir “software ini ada untuk Ubuntu gue di rumah gak yah???” beberapa hari kemudian, saya mecncoba googling mencari subtitusi software ERDAS Imaging dan ArcView. Tidak membutuhkan waktu lama juga ternyata untuk menemukan halaman yang berisikan informasi tentang ini. GRASS (Geographic Resources Analysis Support System) adalah [mungkin] salah satu subtitusi untuk ERDAS Imaging, sedangkan QGIS (Quantum GIS) adalah substitusi untuk ArcView. Kedua software ini belum sempat saya ji coba karena tidak ada fasilitas (refer to Stupid Monitor Is Broken) sehingga, hingga saat ini saya baru berpikir untuk mendownloadnya terlebih dahulu. Mungkin malam ini, saya akan mengambil paket hemat internet semalam suntuk untuk mengunduh apa saja yang dibutuhkan.

Hal lain yang saya temukan tentang GRASS dan QGIS adalah, ternyata banyak juga artikel yang menulis tentang ini di seantero jagat maya.

—–added at 04.27 GMT +7 2nd march 2008—-

Download GRASS dan QGIS sebagai GUI akhirnya selesai. File yang harus di unduh cukup banyak, total ukuran file yang harus di unduh sekitar 150 – 160 MB dan memiliki ukuran > 400MB setelah di install. Dalam pemakaian aplikasi, saya belum paham dengan GRASS. Selain tidak ada file citra satelit, saya pun masih awam dengan fungsi dan kapabilitas dari GRASS.

Kepada yang sudah mahir dalam menggunakan GRASS, dimohon bimbingan dan pertologannya.

Regards


Leave a Reply

Categories

